5 Nov 2012

Pemilihan pemimpin baru desa pagutan yang akan berlangsung pada tanggal 3 desember mendatang sudah semakin dekat, tahap demi tahap pelaksanaan pilkades sudah mulai rampung, suasana politik pun semakin memanas, setiap bakal calon kepala desa bersiap dengan seluruh program dan kemampuannya untuk meyakinkan pemilih bahwa dialah yang terbaik untuk memimpin desa pagutan.
Bakal calon kepala desa pagutan yang akan ikut berlaga dalam pesta demokrasi untuk menuju pagutan I sejumlah 7 orang, yang berasal dari berbagai unsur mulai dari pemuda sampai dengan kepala desa incumbent yang telah menjabat pada periode sebelumnya.
Sesuai dengan tahapan pilkades, panitia pilkades telah melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah kabupaten lombok tengah, namun terdapat beragam kendala terutama dari segi pendanaan karena anggaran yang di subsidi pemerintah hanya sebesar 25juta sedangkan kebutuhan untuk pelaksanaan pilkades sebesar 50-an juta.
Berangkat dari itulah, pada hari ahad, 4 november kemarin, panitia pilkades yang terdiri dari BPD, Kadus, Tokoh Masyarakat, balon kades dan pemerintahan desa mengadakan rapat evaluasi dalam rangka mengevaluasi rangkaian kegiatan yang telah terlaksana mulai dari pendaftaran sampai dengan pemeriksaan berkas pendaftaran.
Selain itu, dibahas juga mengenai anggaran yang masih belum rampung, terutama terkait dengan sumbangan sukarela yang telah ditetapkan kepada masing-masing balon kades pagutan yang berjumlah 2 juta rupiah. terjadi berbagai macam pro kontra terhadap keputusan untuk meminta sumbangan sukarela kepada balon kades karena menurut undang-undang bahwa dalam proses pendaftaran calon kades, tidak dipungut biaya apapun.
Seperti yang dipertanyakankan olah ramdani kepada panita pilkades terkait sumbangan sukarela yang terkesan dipaksakan, apakah dapat dipertanggungjawabkan dan apa konsekwensi kepada calon yang tidak memberikan sumbangan sukarela tersebut.
Dari hasil rapat diputuskan bahwa sumbangan tersebut adalah bersifat sukarela dan tidak ada kaitannya dengan hukum karena telah dilengkapi oleh surat pernyataan dan bagi calon kades yang tidak mengeluarkan sumbangan tetap bisa mengikuti rangkaian pilkades tersebut.
Dalam rapat tersebut akhirnya seluruh bakal calon kepala desa bersedia untuk menyerahkan sumbangan sukarela kepada panitia masing-masing 2 juta rupiah untuk suksesnya pilkades desa pagutan, dan bagi balon kades yang tidak lulus uji kompetensi, sumbangan sukarela yang telah diberikan akan dikembalikan kembali kepada masing-masing balon yang tidak lulus. dan calon kades yang lulus uji kompetensi akan menambah sumbangan sukarela masing-masing sebesar 800 ribu sehingga total sumbangan yang akan dikeluarkan calon kades adalah Rp.2.800.000.. sungguh aneh negeri ini... (hajri)

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Pilkades pagutan tanggal 3 Desember bro...mohon diperbaiki.tak ada yg aneh bila udah disepakati.yg aneh itui yg menyepakati..

    ReplyDelete

Welcome to My Blog

Statistik

Powered by Blogger.

Mengenai Saya

- Copyright © Al-Hikmah media -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -